Iklan

Masalah Kesehatan pada Remaja

Jual template siap pake
Minggu, 03 Desember 2023, Desember 03, 2023 WIB Last Updated 2023-12-03T15:31:23Z




Masalah Kesehatan pada Remaja

 

 
Masalah Kesehatan pada Remaja - Remaja merupakan salah satu fase yang kita lalui dalam  siklus kehidupan yang harus kita jalani.  Masa remaja yaitu masa transisi dari usia belum dewasa ke dewasa.  Dalam bahasa inggris istilah remaja yaitu teenager, artinya yaitu insan yang berumur belasan tahun. Batasan remaja menurut WHO (Badan Kesehatan  Dunia) yaitu usia 12 hingga 24 tahun. Remaja sudah meninggalkan dunia belum dewasa akan tetapi belum bisa disebut dewasa. Pada masa ini terjadi pertumbuhan yang cepat, munculnya ciri-ciri kelamin sekunder, menyerupai tumbuhnya bulu-bulu disekitar kelamin, ketiak, pada perjaka tumbuh kumis, cambang, jenggot dan bulu dada, bunyi yang membesar, pada wanita buah dada dan pinggul yang membesar. Perkembangan organ-organ seksual terjadi untuk persiapan menghasilkan keturunan. Pada masa ini juga terjadi perubahan psikis atau mental emosional. Remaja ingin lebih mampu bangun diatas kaki sendiri dan mengurangi ketergantungan pada orang lain. Secara mental remaja masih labil dan berpendirian goyah.

Masa remaja sering dianggap sebagai masa pencarian jati diri. Dimana pada masa inilah terjadi pembentukan abjad sesorang termasuk abjad bangsa pada umumnya. Remaja sering dianggap sehat-sehat saja. Akan tetapi sesungguhnya banyak permasalahan yang bekerjasama dengan kesehatan khususnya yang mengancam remaja.  Beberapa fakta ihwal remaja sebagai berikut
  • Lebih dari 1,8 juta orang berusia 15 hingga 24 meninggal setiap tahun oleh penyebab yang bekerjsama bisa dicegah.
  • Sekitar 16 juta anak perempuan berusia 15 hingga 19 melahirkan setiap tahun.
  • Orang muda, 15 hingga 24 tahun, menyumbang 40% dari semua nanah HIV gres di kalangan orang sampaumur di tahun 2008.
  • setiap tahun, sekitar 20% dari remaja akan mengalami problem kesehatan mental, yang paling sering depresi atau kecemasan.
  • Sekitar 150 juta orang muda pengguna tembakau.
  • Sekitar 565 orang muda berusia 10-29 mati setiap hari melalui kekerasan interpersonal.
  • kecelakaan lalu lintas  diperkirakan menyebabkan 1 000 orang muda mati setiap hari.
Mempromosikan perililaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta melindungi remaja dari problem kesehatan sangat penting untuk masa depan mereka serta masa depan Negara dan bangsa, karena merekalah yang akan kelak meneneruskan kelanjutan bangsa ini. 

Terbatasnya isu ihwal seks dari orang renta maupun kurangnya pendidikan seks di dingklik sekolah menyebabkan remaja mencari isu sendiri melalui media majalah, televisi dan internet. Kebanyakan isu itu diterima secara mentah tanpa ada yang memfilter apakah itu isu yang cantik atau malah isu yang sifatnya negatif. Informasi yang salah akan membawa banyak sekali dampak yang tidak diingikan serta dapat menjadikan banyak sekali penyakit. Sering terjadi di masyarakat beberapa problem ihwal remaja antara lain kehamilan tidak diinginkan dan aborsi, penyalahgunaan obat-obat terlarang, perilaku seks bebas, kenakalan remaja dan seringnya kejadian Penyakit Menular seksual di kalangan remaja.

Sejalan dengan perkembangan fisiknya yang pesat, terjadi perubahan hormon dalam tubuh disertai pula beberapa problem kesehatan. Beberapa problem kesehatan yang sering dihadapi oleh remaja diantaranya ;

 

Jerawat dan Penyakit Kulit lainnya

 

Jerawat atau yang dalam istilah medisnya disebut acne vulgaris, adalah kelainan kulit yang ditandai peradangan kronis pada kelenjar minyak, ditandai dengan munculnya komedo, benjolan kecil dengan ukuran bervariasi serta kadang kala disertai pembentukan parut. Remaja juga sering menderita penyakit kulit lainnya menyerupai scabies, jamuran, eksim/dermatitis.

Kelainan Mata

 

Pada remaja sering dijumpai kelainan penglihatan berupa rabun jauh, rabun bersahabat ataupun astigmatisma. Kelainan-kelainan ini disebabkan oleh berkurangnya kemampuan mata untuk berakomodasi

Infeksi Menular seksual dan HIV/AIDS

 

Penyakit Menular Seksual biasanya dialami oleh remaja yang aktif secara seksual, apakah itu sering gonta-ganti pacar/pasangan ataupun remaja yang sering menggunakan jasa penjaja seks. Beberapa diantaranya menyerupai gonore, sifilis, klamidia, herpes genitalis, kondiloma akuminata, HIV dan lain-lain Terdapat 40% perkiraan dari semua nanah HIV gres di kalangan orang sampaumur di seluruh dunia pada tahun 2008 berusia 15-24 tahun.. Setiap hari, 2 500 lebih orang-orang muda terinfeksi dan global ada lebih dari 5,7 juta orang muda yang hidup dengan HIV / AIDS.  Orang-orang muda perlu tahu bagaimana melindungi diri mereka sendiri dan memiliki sarana untuk melakukannya.  Ini termasuk kondom untuk mencegah penularan seksual dan membersihkan virus dan jarum suntik bagi mereka yang menyuntikkan narkoba. Saat ini, hanya 30% laki-laki muda dan 19% wanita muda memiliki pengetahuan yang komprehensif dan benar mereka butuhkan untuk melindungi diri dari tertular virus. Akses yang lebih baik untuk konseling dan tes HIV akan menginformasikan remaja ihwal status mereka, membantu mereka untuk menerima perawatan yang mereka butuhkan, dan menghindari penyebaran lebih lanjut virus. Budaya dan kondisi sosial ekonomi meningkatkan kerentanan orang-orang muda untuk nanah HIV, taktik pencegahan HIV yang efektif harus bertujuan untuk mengatasi faktor ini juga.

Kehamilan Tidak Dinginkan dan Aborsi

 

Kehamilan yang Tidak Diinginkan disebabkan oleh kekerabatan seks pranikah serta ijab kabul dini. Dampak langsungnya yaitu meningkatnya tindakan pengguguran kriminal. Bila ini dilakukan pada bukan mahir kandungan akan bisa menyebabkan pendarahan, nanah bahkan kematian. Sekitar 16 juta anak perempuan berusia 15 hingga 19 tahun melahirkan setiap tahun  atau sekitar 11% dari semua kelahiran di seluruh dunia. Resiko kematian dari penyebab yang bekerjasama dengan kehamilan jauh lebih tinggi untuk remaja daripada wanita yang lebih tua.  Semakin muda, remaja semakin besar risikonya.  Perumusan dan penegakan hukum yang menetapkan usia minimum perkawinan, mobilisasi masyarakat untuk mendukung hukum, dan jalan masuk lebih baik untuk isu dan pelayanan kontrasepsi dapat menurunkan-awal kehamilan juga.  Mereka remaja yang hamil harus diberikan dengan kualitas pemeriksaan kehamilan dan persalinan terampil. 

Merokok

 

Merokok merupakan kebiasaan yang menyebabkan kenikmatan bagi penikmatnya diain pihak juga dapat merugikan kesehatan perokok dan orang-orang sekitarnya. Merokok dapat menyebabkan risiko tekena penyakit saluran pernafasan, penyakit jantung koroner, stroke dan lain-lain  Sebagian besar perokok di seluruh dunia dimulai ketika mereka remaja. Sampai ketika ini tercatat 150 juta orang remaja perokok. Jumlah ini meningkat secara global, khususnya di kalangan wanita muda. Setengah dari para perokok akan mati prematur
 

Ketergantungan NAPZA dan Bahaya Alkohol

 

Akibat pergaulan negatif remaja yaitu terjerumusnya mereka pada penyalahgunaan Narkotika, zat Psikoaktif dan Zat Aditif lainnya yang menyebabkan ketergantungan.  Bahaya lainnya yaitu alcohol, dimana pengaruh alcohol menyebabkan kurangnya kesadaran dan hilangnya control diri sehingga sering melaksanakan perbauatan berisiko menyerupai perkelahian, kecelakaan. Ketergantungan alcohol juga dapat menyebabkan kematian.
 

Kecelakaan/ Trauma


Kecelakan biasanya yaitu kejadian yang sering dialami oleh remaja terutama sebagai akhir prilaku atau kenakalan remaja yang sering kebut-kebutan, tawuran dan gagah-gagahan. Kecelakaan adalah penyebab utama kematian dan cacat di antara remaja. Trauma luka lalu lintas di Jalan mengambil remaja sekitar 1 orang 000 setiap hari.

Malnutrisi

 

Banyak remaja di negara berkembang masuk kategori kekurangan gizi, dengan risiko rentan terhadap penyakit dan kematian dini. Sebaliknya, kelebihan berat tubuh dan obesitas  semakin meningkat.


Kesehatan Mental

 

Sekitar 20% dari remaja akan mengalami problem kesehatan mental, yang paling sering depresi atau kecemasan. Risiko meningkat oleh pengalaman kekerasan,, devaluasi penghinaan dan kemiskinan, dan bunuh diri merupakan salah satu penyebab utama kematian pada orang muda. Bangunan keterampilan hidup pada belum dewasa dan remaja, dan menyediakan mereka dengan dukungan psikososial di sekolah-sekolah dan pengaturan masyarakat lainnya dapat membantu meningkatkan kesehatan mental.


Kekerasan

 

Kekerasan yaitu salah satu penyebab utama kematian di kalangan anak muda, terutama laki-laki: 565 diperkirakan merupakan orang-orang muda berusia 10 hingga 29 tahun meninggal setiap hari melalui kekerasan interpersonal. Membina kekerabatan antara orang renta dan belum dewasa semenjak awal kehidupan merupakan hal terpenting untuk mencegah prilaku kekerasan pada remaja.


Anonymous0 2017-11-23T13:52:00.246+07:00 Ingin Kulit Halus dan Bersih ? Konsumsi 6 Makanan Ini
Memiliki kulit yang halus, bersih dan sehat merupakan harapan setiap wanita alasannya ialah itu semua identik dengan cantik. Bagi wanita kecantikan kulit merupakan aset penting yang harus dijaga dan dirawat semoga tidak mengalami banyak sekali problem ibarat kusam, kering apalagi berjerawat alasannya ialah problem tersebut mampu membuat wanita menjadi tidak percaya diri dan merasa minder.

Makanan sehat untuk kulit kering dan kusam

Biasanya untuk menerima kulit wajah dan badan yang cantik, sehat dan bersih sebagian wanita rutin melaksanakan banyak sekali perawatan ibarat menggunakan masker, cream pemutih wajah, toner dan perawatan lainnya. Nah, namun ternyata perawatan dari luar saja tidak cukup tetapi kita juga harus membantunya dari dalam ibarat mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan nutrisi.

Masih ingat kan pepatah yang mengatakan "you are what you eat" ? ya, memang benar ternyata apa yang kita makan mampu mensugesti badan kita. Baiklah jikalau Anda ingin memiliki kulit sehat dan bersih maka jangan lupa untuk mengkonsumsi 6 makanan dibawah ini.

1. Tahu putih
Tahu putih merupakan makanan yang sederhana namun memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan kulit Anda. Kandungan protein, kalsium, lemak sehat, antioksidan dan beberapa mineral lainnya tidak hanya baik bagi kesehatan saja tetapi juga mampu membuat kulit kita menjadi bersih. So, tidak ada salahnya jikalau Anda mengkonsumsi tahu putih setiap hari.

2. Nasi merah
Nasi merah bukanlah makanan pokok masyrakat Indonesia alasannya ialah ibarat yang kita ketahui bahwa masyarakat kita lebih familiar dengan nasi putih. Nah, selain membuat kita menjadi cepat kenyang ternyata kandungan vitamin B serta antioksidan pada beras merah juga mmapu  menjaga kecantikan kulit kita dan membantu proses regenerasi sel-sel baru.

3. Air putih
Mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari mampu menghindari kita dari banyak sekali macam penyakit dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun tidak hanya itu, mengkonsumsi air putih secara cukup setiap hari juga mampu menjaga kecantikan kulit kita dan membuatnya tampak bersih. So, mulai dari sekarang jangan malas untuk mengkonsumsi air putih alasannya ialah begitu banyak manfaatnya bagi kesehatan maupun kecantikan kulit.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung banyak sekali macam vitamin salah satunya ialah vitamin E yang ternyata sangat bagus untuk kecantikan kulit kita. Bahkan tidak hanya itu, mengkonsumsi kacang-kacangan setiap hari mampu menghindari Anda dari banyak sekali macam penyakit ibarat kanker dan lainnya.

5. Bawang putih
Bawang putih memang mempunyai anyir yang tidak enak sehingga kebanyakan orang tidak mau mengkonsumsinya secara langsung, padahal bawang putih ini memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan badan bahkan kulit Anda. Jika Anda rutin mengkonsumsi bawang putih mentah setiap hari maka selain sehat, kulit juga menjadi cantik.

6. Ketela rambat
Nah makanan terakhir yang mampu membuat kulit Anda bersih dan indah ialah ketela rambat. Mengkonsumsi ketela rambat mampu membuat anutan darah menjadi lancar serta meningkatkan mood. Karena anutan darah lancar maka tentu saja hal ini akan membuat kulit kita menjadi sehat dan indah dari dalam.

Itulah 6 makanan yang mampu membuat kulit kita menjadi bersih dan sehat. So, perawatan dari luar juga harus dibantu dari dalam semoga karenanya maksimal.

Anonymous0 2017-11-23T13:50:40.729+07:00 Mengenal Gangguan Kulit Rosacea
Rosacea yakni bercak merah yang timbul dan hilang di dagu, hidung, pipi, dan dahi Anda. Mungkin ada nanah kecil atau jerawat di pipi juga, radang mata dan kelopak mata. Rosacea dipicu oleh faktor stres emosional, alkohol dan juga makanan pedas, berbumbu. Bisa parah kembali akhir radang pada pembuluh darah kecil yang terletak di bawah kulit, meski penyebab awal timbulnya rosacea tidaklah diketahui. Rosacea menyerang wanita usia 30-55 tahun, dan mampu permanen. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan Rosacea, yakni : Lakukan kompres cuek ( handuk muka yang direndam dalam air es cuek ) di kawasan yang merah untuk mendinginkan kulit. Beberapa makanan dan minuman dapat memicu serangan. Coba identifikasi yang mana, memengaruhi Anda. Gunakan pembersih ringan dan hindari yang mengandung alkohol. Jangan gosok muka keras-keras atau gunakan handuk wajah. Mandi atau berendam di air hangat. Kenakan baju katun dan hindari wol. Untuk mengurangi kemerahan, pilih salah satu krem yang khusus di formulasikan untuk kulit sensitif. Perlu saran ahlinya untuk memilih dan menggunakan krem yang tepat. Gunakan pelembab untuk melindungi kulit udara cuek yang mengeringkan. Jika Anda laki-laki yang kena rosacea, gunakan pencukur listrik, jangan pencukur basah. Pencegahan Jika Anda rentan mengalami bercak merah, saran berikut dapat mengurangi keparahan serangannya : Cahaya matahri dapat memperparah kembali, jadi beradalah di tempat teduh dikala demam isu panas dan gunakan topi. Saat di bawah matahari gunakan tabir surya ( Sunscreen; sunblock titanium dioxide ). Hindari perubahan temperatur yang terlalu cepat, misalnya pindah segera dari tempat sejuk ke panas. Jika rosacea cenderung timbul kembali dikala stres, coba praktekkan latihan bernafas dan teknik relaksasi otot. Demikian beberapa hal yang dapat membantu mengatasi gangguan kulit rosacea, biar ada manfaatnya. Keep Your Health ( admin )
Pic : advancedskinwisdom.com
Rosacea yakni bercak merah yang timbul dan hilang di dagu, hidung, pipi, dan dahi Anda. Mungkin ada nanah kecil atau jerawat di pipi juga, radang mata dan kelopak mata. Rosacea dipicu oleh faktor stres emosional, alkohol dan juga makanan pedas, berbumbu. Bisa parah kembali akhir radang pada pembuluh darah kecil yang terletak di bawah kulit, meski penyebab awal timbulnya rosacea tidaklah diketahui. Rosacea menyerang wanita usia 30-55 tahun, dan mampu permanen.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan Rosacea, yakni :
  1. Lakukan kompres cuek ( handuk muka yang direndam dalam air es dingin ) di kawasan yang merah untuk mendinginkan kulit.
  2. Beberapa makanan dan minuman dapat memicu serangan. Coba identifikasi yang mana, memengaruhi Anda.
  3. Gunakan pembersih ringan dan hindari yang mengandung alkohol. Jangan gosok muka keras-keras atau gunakan handuk wajah.
  4. Mandi atau berendam di air hangat.
  5. Kenakan baju katun dan hindari wol.
  6. Untuk mengurangi kemerahan, pilih salah satu krem yang khusus di formulasikan untuk kulit sensitif. Perlu saran ahlinya untuk memilih dan menggunakan krem yang tepat.
  7. Gunakan pelembab untuk melindungi kulit udara cuek yang mengeringkan.
  8. Jika Anda laki-laki yang kena rosacea, gunakan pencukur listrik, jangan pencukur basah.

Pencegahan

Jika Anda rentan mengalami bercak merah, saran berikut dapat mengurangi keparahan serangannya :
  • Cahaya matahri dapat memperparah kembali, jadi beradalah di tempat teduh dikala demam isu panas dan gunakan topi. Saat di bawah matahari gunakan tabir surya ( Sunscreen; sunblock titanium dioxide ).
  • Hindari perubahan temperatur yang terlalu cepat, misalnya pindah segera dari tempat sejuk ke panas.
  • Jika rosacea cenderung timbul kembali dikala stres, coba praktekkan latihan bernafas dan teknik relaksasi otot.
Demikian beberapa hal yang dapat membantu mengatasi gangguan kulit rosacea, biar ada manfaatnya. Keep Your Health ( admin ) Anonymous0 2017-11-23T12:52:00.175+07:00 5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Di Usia 30-an
Tak mampu dipungkiri bahwa semakin hari badan kita akan semakin menua dan apabila kita tidak pintar-pintar dalam menjaga kesehatan, terutama kesehatan jantung maka tentunya akan berdampak negatif bagi diri kita sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit jantung ini sangatlah berbahaya dan mampu merenggut nyawa seseorang tanpa ada peringatan terlebih dahulu.

Jantung sehat di usia 30-an

Selain itu, penyakit jantung juga tidak mengenal usia dan mampu menyerang siapa saja baik itu remaja maupun orang dewasa. Namun biasanya orang yang paling rentan terkena serangan jantung ialah di usi 30-an yaitu dimana pada usia tersebut seseorang telah mempunyai banyak tanggungan sehingga beban pikiran menjadi meningkat. Nah, apabila stres ini tidak mampu dikendalikan maka lama-kelamaan akan mampu membuat seseorang beresiko terkena penyakit jantung

Untuk itu, dibawah ini ada 5 tips yang mampu Anda ikuti untuk menjaga kesehatan jantung bagi orang yang telah berusia 30-an keatas.

1. Makan sehat
Jika ingin jantung Anda tetap sehat sampai renta nanti maka mulailah untuk mengkonsumsi makanan sehat sedini mungkin. Jangan asal makan saja alasannya ialah mampu membahayakan badan dan kesehatan Anda, apalagi terlalu sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak maka sudah pasti Anda beresiko terkena serangan jantung. Nah, kalau usia Anda suda memasuki 30-an maka cobalah selektif dalam memilih makanan dan hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan berkolesterol. Pilihlah makanan yang sehat menyerupai sayur, buahan dan ikan.

2. Tidur berkualitas
Ketika usia kita sudah memasuki 30-an maka jangan samakan dengan dikala kita masih remaja alasannya ialah tentu saja hal ini akan berbeda. Pastikan Anda menerima tidur yang cukup sepanjang malam dan menghindari mengkonsumsi alkohol serta rokok biar kesehatan jantung tetap terjaga.

3. Sarapan
Mungkin bagi sebagian orang melewatkan sarapan ialah hal sepele namun kalau jantung Anda ingin tetap sehat maka usahakan biar selalu sarapan dipagi hari. Di usia 30-an kita harus mampu menjaga kondisi badan biar tetap fit sehingga tidak mengganggu kegiatan atau pekerjaan kita.

4. Jangan Sembarang Konsumsi Obat
Mengkonsumsi obat secara sembarangan tidak hanya mampu merusak kesehatan ginjal  kita tetapi juga merusak jantung. Nah, bagi Anda yang mempunyai riwayat keluarga yang pernah mengalami penyakit jantung maka jangan sesekali mengkonsumsi obat secara sembarangan tanpa resep dokter alasannya ialah ini sangat berbahaya.

5. Batasi gula dan asupan garam
Kemudian tips terakhir biar kesehatan jantung Anda tetap terjaga dikala memasuki usia 30-an ialah  dengan membatasi konsumsi gula dan garam. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi kedua hal diatas alasannya ialah sangat tidak baik bagi kesehatan jantung Anda. Batasi saja asupan harian gula dan garam Anda alasannya ialah kalau kekurangan dua makanan tersebut juga mampu menganggu kesehatan tubuh.

Itulah 5 tips menjaga kesehatan jantung di usia 30-an biar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati.

Komentar

Tampilkan

  • Masalah Kesehatan pada Remaja
  • 0

Terkini